Mei 22, 2024

Daftar Ternak Hewan Termurah Nasional

Kumpulan Hewan Ternak Termurah Dan Hewan Unik Lucu Yang Mudah Di Pelihara

Cara Mengobati Kucing Mencret Yang Terbaik

3 min read

Cara Mengobati Kucing Mencret

Cara Mengobati Kucing Mencret – Ada berbagai penyebab kucing mencret yang kondisinya bisa semakin parah apabila terjadi terus-menerus sampai disertai dengan bercak darah. Adapun berbagai penyebab tersebut, mulai dari makanan dan minuman, tingkat stres, hingga infeksi. Berdasarkan penyebabnya itu pula, ada berbagai cara mengobati kucing mencret yang perlu kamu ketahui untuk mempercepat proses pemulihannya hingga kondisinya kembali normal.

Salah satunya adalah menjaga tubuh kucing tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini dikarenakan kucing diare atau mencret banyak membuang cairan tubuhnya. Nah pada kesempat kali ini wanter akan membagikan beberapa Cara Mengobati Kucing Mencret berikut ini:

Cara Mengobati Kucing Mencret

Dari sekian banyak ciri-ciri kucing sakit, diare merupakan salah satu tanda dan gejala yang paling mudah untuk dilihat. Kalau kucing kamu sudah diare, ada beberapa cara mengobati kucing diare yang bisa kamu ikuti dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Biarkan Kucing Puasa Selama 12-24 Jam

Mencret atau diare bukanlah gejala dari suatu penyakit. Kucing yang terkena diare ditandai dengan adanya feses yang lebih encer, berair dan frekuensi buang air besar yang berlebihan karena adanya kerusakan pada sistem pencernaan mereka. Membiarkan mereka puasa selama 24 adalah cara mengobati kucing mencret secara alami yang sangat dianjurkan oleh dokter hewan manapun. Karena, dengan puasa inilah, kucing akan mengembalikan fungsi usus dan organ pada perut lainnya yang rusak. Tapi, kamu harus memastikan mereka tidak kekurangan air minum dan puasanya tidak lebih dari 24 jam (untuk kucing dewasa), dan tidak lebih dari 12 jam (untuk kucing muda).

Baca Juga  Petshop Klaten Terlengkap dan Murah

2. Beri Yoghurt Secukupnya

Yoghurt mengandung Lactobacillus atau bakteri baik kategori non patagon yang berfungsi untuk membantu usus dan sistem pencernaan tubuh kembali normal. Jenis makanan probiotik ini bisa dijadikan pilihan obat alami untuk kucing mencret, di mana dapat meningkatkan sumber bakteri baik yang membantu sistem pencernaan cepat pulih kembali. Ketika kucing kamu terlihat mulai mencret, segeralah untuk memberikan Yoghurt dengan kadar laktosa rendah sekitar 1 sampai 2 sendok teh selama 2 hari. Kalau diare kucing sudah terlihat sembuh, hentikan asupan Yoghurt itu.

3. Ubah Asupan Makanan

Pada tips pertama, kamu sangat dianjurkan untuk membiarkan si kucing puasa selama 12 – 24 jam untuk membersihkan perutnya. Jika ini sudah dilakukan tapi diare pada kucing belum kunjung sembuh, maka ubahlah pola makan si kucing dengan makanan hambar lainnya. Tempe rebus, dan nasi rebus (bebas lemak) adalah dua bahan makanan untuk kucing sakit yang cocok sebagai cara mengobati kucing mencret dengan cepat.

4. Beri Oralit Khusus Hewan

Oralit khusus hewan sangat di kenal manjur mengobati kucing di are dengan cepat karena frekuensi BABnya berkurang. Buatlah cairan oralit itu dengan mencampur 1 sendok makan gula, 1 sendok teh garam pada 900ml air bersih. Kalau kamu ragu, belilah oralit khusus hewan yang di jual di toko hewan terdekat. Sandingkan oralit itu di tempat biasanya kucing minum. Kalau si kucing tidak mau minum oralitnya sendiri, gunakanlah alat suntik tanpa jaruh atau sendok kecil untuk meneteskan ke mulutnya secara perlahan.

5. Beri Multivitamin Dan Antibiotik

Dalam beberapa kasus, kucing mencret tidak bisa di obati secara alami. Kamu perlu resep dokter untuk mendapatkan multivitamin dan antibiotik yang tepat. Biasanya kamu akan mendapatkan antibiotik dan multivitamin yang berfungsi untuk melawan virus di are dan mencegah virus diare bersarang.

Baca Juga  Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Di Akuarium

6. Beri Obat Cacing

Parasit dan cacing adalah satu penyebab kucing di are terus menerus. Sebagai pengobatannya, kamu bisa menggunakan obat cacing, seperti Drontal atau obat cacing lain yang di jual di pet shop terdekat. Tindak lanjut setelah diare kucing sembuh, tetap asupi obat cacing itu secara berkala setiap minggu untuk mencegah adanya parasit lain.

7. Jaga Kebersihan Kucing Dan Tangan Kamu

Ketika kucing kamu mengalami di are, artinya kamu harus berhati-hati dalam menjaga kebersihan. Rajinlah mencuci tangan setiap kali kamu memegang kucing, atau membuang kotorannya. Isolasi kucing di rumahnya selama 2 hari tanpa kontak dengan benda sekitar. Karena, di khawatirkan penyebab di are kucing kamu adalah infeksi yang bisa menularkan ke orang atau hewan lain di sekitarnya. Jika memungkinkan, bersihkan kandang kucing yang lagi di are minimal 1 hari sekali menggunakan sabun atau di sinfektan.

Akhir kata

Nah itudia 7 Cara Mengobati Kucing Mencret yang dapat wanter bagikan kepada sobat satwa di rumah dan dari rekomendasi cara di atas mana nih sob cara yang akan kamu gunakan terlebih dahulu ?Jika kamu mencari informasi seputar dunia hewan kamu bisa kok cek artikel wanter lainnya hanya di sininya sob. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.